Rabu, 25 Juli 2012

10 MAKANAN PEMBUAT BAHAGIA

     Setiap orang tentunya ingin selalu mersa senang, gembira, dan bahagia. Maka dari itu berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya, ada yang berekreasi, menonton pertunjukkan lucu dan sebagainya. Namun tahukah anda, ternyata makananpun bisa membuat kita menjadi gembira dan bahagia, bukan karena rasa makanan itu sendiri namun dari zat-zat yang terkandung dalam makanan tersebut. Berikut ini ada sepuluh jenis makana yang dapat membuat orang yang menyantapnya merasa gembira bahkan bahagia.
1.TELUR
     Komposisi kimia telur kaya akan vitamin B(khususnya vitamin B12), vitamin A, vitamin D, viyamin E, dan vitamin K. Kandungan protein telur 11%, sealin itu telur juga mengandung semua asam amino yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Sebagian besar protein terkonsentrasi di bagian putih telur yang dikenal sebagai albumin. Telur juga dapat membuat anda bersemangat dan membuat anda kenyang lebih lama. Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2008 dalam "International Journal of Obesity" menemukan bahwa orang yang memakan telur untuk sarapan kehilangan berat badan lebih banyak, dibanding dengan mereka yang makan sarapan lain. Telur juga kaya akan choline yang bermanfaat menjaga kesehatan otak dan jantung.
2.KELAPA

     Terlepas dari kenyataan bahwa kelapa paling sering ditemukan dalam makanan penutup adalah tidak sehat, namun kelapa mengandung trigliserida. Medium-chain trigliserida (MCT), adalah lemak khususyang memicu suasana hati lebih baik dan mempromosikan otak agar lebih sehat. Sejak MCT digunakandalam menangani pasien yang mengalami masalah penyerapan zat makanan, pasien bedah, pasien kanker dan bayi yang lahir secara prematur.

3.MADU
      Untuk kesehatan, madu jauh lebih baik dari gula biasa. Madu mengandung kaempferol, dan quercetin, yang membantu untuk mencegah depresi, menjaga kesehatan otakdengan mengurangi peradangan pada otak.









4.TOMAT

    Semua tomat memiliki subtansi yang dikenal dengan likopen. Lycopen adalah antioksidan yang melawan peradangan di otak dan umumnya melindungi otak. Untuk hasil terbaik, makan tomat dengan minyak zaitun membantu meningkatkan penyerapan lycopen.




5.YOGHURT YUNANI 
    Kalsium yang terkandung dalam yoghart yunani ini melebihi dari kalsium yang dikandung oleh susu, membantu otak melepaskan neurotransmitter (perangsang kebahagian). Yoghart yunani juga memilki protein lebih dari yoghart biasa, yang membuat penurunan berat badan lebih mudah.




6.ASPARAGUS
       Asparagus mengandungfolat dan triptofan yang tinggi. Menurut penelitian, setengah dari kasusu depresi disebabkan rendahnya folat. Triptofan juga digunakan otak untuk membuat serotonin, yang merupakan salah satu penyebab suasana hati, di otak manusia dengan menstabilkan kadar neurotransmitter. Hormon ini di percaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang. Catatan: kalkun juga merupakan sumber trytofan. Meskipun kalkun dikenal membuat orang mengantuk, triptofan memerlukan kalori untuk mengaktifkan efek seperti obat penenang.



7.COKLAT MURNI
     Coklat murni memiliki manfaat yang tidak dimiliki susu dan coklat jerman. Coklat murni meningkatkan aliran darah ke otak, dan memberikan dorongan instan konsentrasi dan sususana hati. Ini akan membantu anda merasa lebih enrgik dan bersemangat, namun disarankan jangan berlebihan. "The Journal of Psychopharmacology" mengatakan, manfaat akan didapat dengan beberapa ons coklat murni tiap hari.

8.SWISS CHARD 
     Swiss chard adalah jenis sayuran yang jarang dipakai padahal sayuran ini banyak mengandung magnesium. Magnesium adalah nutrisi yang merupakan bagian penting dari reaksi biokimia yang meningkatkan tingkat energi dalam tubuh manusia. Sebuah studi yang dilakukan di Australia pada tahun 2009 dalam "Australian and New Zealand Journal of Psychiatry" menemukan bahwa kadar magnesium yang lebih rendah dalam tubuh manusia berkaitan dengan tingkat depresi.


9.KERANG REMIS
     Kearang remis memiliki tingkat menegah sampai jumlah tinggi vitamin B12, selenium, yodium, dan zinc, sedangkan kadar yang rendah dari kerang remis adalah kalori dan lemak. Yodium membantu mendukung kelenjar tiroid, yang membantu mengatur suasana hati dan berat badan. Vitamin B12 membantu dan melindungi sel otak, yang menjaga otak tetap tajam dari waktu ke waktu.



10. KENTANG BIRU
     Kentang biru jarang di temukan di pasar tradisional, namun kentang biru memilki antioksidan kuat yang dikenal sebagai anthocyanin. Anthocyanin memberikan kualitas neuroprotektif, seperti mengurangi peradangan otak yang umumnya terkait dengan depresi, dan meningkatkan memori jangka pendek. Kelenjar tiroid anda tetap terjaga, juga oleh yodium yang ditemukan dalam kulitnya.




          Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda .      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar