Selasa, 17 Juli 2012

10 MAKANAN BERACUN

      Kita sering mengkonsumsi berbagai makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita. Namun tahukah anda? dalam makanan yang kita anggap sehat terkandung racun yang mematikan seperti sianida. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang kita anggap sehat mengandung racun.
1.APEL
      Anda mungkin sudah tahu bahwa buah apel mempunyai banyak khasiat, seperti mencegah penyakit kanker paru, kanker payudara, kanker usus dan sejumlah penyakit lainnya. Namun di balik semua itu ternyata apel juga mengandung racun berbahaya seperti sianida dosis rendah yang terdapat dalam bijinya.






2.TOMAT
         Tomat sangat populer di masyarakat, namun tomat juga mengandung racun yang di sebut glycoalkaloid, yang terdapat di daun dan batangnya yang biasanya dimanfaatkan sebagai penyedap rasa. Dalam tingkatan tertentu racun glycoalkaloid dapat menyebabkan sakit perut dan gugup, namun racun ini juga di gunakan sebagai penghusir hama.





3.CERI
      Buah ini banyak di konsumsi dalam banyak variasi, ada yang dimakan mentah, dimasak atau dipanggang, untuk manisan, dan kue bahkan untuk minuman keras. Walaupun buah ini sangat enak namun ceri mengandung racun Hydrogen sianida . Dalam dosis rendah racun ini dapat menyebab sakit kepala, pusing-pusing, dan muntah-muntah, dosis besar dapat menyebabkan kesulitan bernafas, peningkatan tekanan darah dan denyut jantung serta gagal ginjal.



4.ALMOND 
      Seperti hal lainnya almond kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti: karbohidrat, vitamin E, vitamin B, dan C kalsium, zat besi,magnesium fosfor, kaliun dan seng. Namun seperti apel, almond juga mengandung racun sianida bahkan lebih banyak dari pada yang di kandung oleh apel.








5.KENTANG 
      Kentang mendapat julukan sebagai '1001 manfaat' karena banyak mengandung nutrisi dan sering di pakai menu diet pengganti nasi. Kentang juga menjadi makanan utama astronot. Bahkan pada tahun 1995tanaman kentangpernah dibawa dalam pesawat ulang alik columbus dan tumbuh. Namun kentang juga mengandung racun glycoalkaloid yang terdapat pada daging dan daunnya. Jika anda mengupas kentang, kemudian melihat semacam garis tipis berwarna hijau, iti menandakan adanya konsentrasi racun glycoalkaloid dalam kentang tersebut.




6.METE
     Mete sering kali dipakai sebagai campuran coklat batangan, meskipun enak namun mete juga mengandung racun yang disebut dengan Urushiol, dan harus dikukus dulu untuk menghilangkan racunnya. Biasanya mereka yang bekerja di pabrik pengolahaan mete terkena efek akibat racun ini.









7.CABAI 
      Cabai adalah salah satu bumbu 'wajib' dalam setiap masakan. Fakta menunjukkan cabai kaya akan vitamin C dibandingkan dengan yang lainnya. Namun cabai juga mengandung racun yang disebut dengan zat capsaicin, yang dapat menyebabkan kematian jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.






8.JAMUR
      Didunia ini ada ribuan jenis jamur, 100 diantaranya mengandung racun. Salah satu jenis jamur yang paling beracunadalah 'Alpha-amanitin' yang dapat merusak liver. Pada umumnya jamur beracun memilikiinsang berwarna putih, semua jenis jamur "supa upas" (upas=racun) mempunyai senyawa seperti: amanita, lepoita, russula, collybia, dan baletus. Muskarin juga termasukracun jamur yang sangat mematikan, dengan takaran 0,003-0,oo5gr sudah dapat membunuh manusia.


9.PUFFERFISH / FUGU
      Ini adalah ikan paling beracun no.2 didunia, ikan fugu atau sering juga disebut ikan bundel, di jepang termasuk satu-satunya makanan resmi ilegalbagi kaisar. Racun fugu disebut dengan tetrodotovin, yang terdapat dilevernya. Racun ini dapat menyebabkan sesak nafas, mati rasa hingga berujung pada kematian, harga ikan fugu yang sudah diolahsangatlah mahal berkisar100-200 USD perporsinya.






10.SINGKONG
      Singkong merupakan sumber energi yang kaya akan karbohidrat namun miskin protein. Sumber protein justru terkandung dalam daun singkong yang mengandung asam aminometionin yang dapat membentuk racun sianida, keracunan singkong dapat menyebabkan kelumpuhan.


  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar