Sabtu, 23 Juni 2012

GANJA RUSAK MEMORI OTAK



Sekelompok peneliti dari Prancis dan Kanada menemukan bahwa bahan utama psikoaktif yang terdapat pada ganja (tetrahydrolcannabinol/THC) dapat merusak memori dan berdampak pada neuron. Giovanni
Marsicano, peneliti dari institut national de la sante et de la Recherche Medicale (INSERM) Perancis
dan Xia Zhang dari University of Ottawa Kanada, menjelaskan sel astroglial telah diketahui sebagai sel
yang mendukung, melindungi dan memberi makan neuron pada 100 sampai 150 tahun terakhir.Sel-sel tersebut memainkan peran aktif dalam membentuk koneksi antar neuron.

                               GLIA DAN NEURON

        Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100juta sel syaraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan suhu tubuh.Otak terbentuk dari dua jenis sel, glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang dikenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan kesluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmiter.
        Neuron otak mengandung dua jenis asam lemak PUFA(polyunsaturated fatty acids), yaitu asam arakidonat(AA) dan asam dokosaheksaenoat(DHA) yang terletak pada posisi sn2 dari molekul fosfoliserida oleh stimulasi fosfolipase PLA-2. Otak kecil (cerebellum) merupakan bagian terbesar otak belakang. Otak kecil terdiri atas dua belahan dan permukaannya berlekuk-lekuk. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur sikap atau posisi tubuh, keseimbangan, dan koordinasi gerakan otot terjadi secara sadar. Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapatmengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerakan otot.
Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya orang tersebut tidak dapat memasukkan makana kedalam mulutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar